Selasa, 14 Februari 2012

Sekilas Tentang IKRAAR


MUQADDIMAH

Bismillahirrahmanirrahim

Allah SWT berfirman :

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar, mereka itulah orang – orang yang beruntung”. (Qs. al-imran;104)


“Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar dan beriman kepada Allah SWT…” (Qs. al-imran;110)


“Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang – orang yang berjihad di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan – akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”. (Qs. as-shaf;4)


“Yang memakmurkan mesjid – mesjid Allah hanyalah orang – oran gyang beriman kepada Allah dan hari akhir, mendirikan sholat, menunaikan zakat, serta tidak takut kepada siapapun selain Allah. Maka merekalah orang yang diharapkan dan termasuk orang – orang yang mendapat petunjuk”. (Qs. At-taubah;18)


“Dan tiadalah kami mengutus kamu melainkan untuk mejadi rahmat bagi semesta alam”. (Qs. Al-anbiya’;107).




A.    Latar Belakang

Dekadensi moral yang terjadi dikalangan remaja islam sudah pada kondisi cukup memprihatinkan.penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, pornografi, prostitusi dan minuman keras serta berbagai bentuk kemaksiatan lainnya sudah menjadi rutinitas dari kehidupan sebagian besar remaja.

Fenomena tersebut menumbuhkan rasa kepedulian dariaktivis Remaja Mesjid / Mushollah untuk berusaha mengurangi dan memperbaiki kerusakan – kerusakan yang terjadi dengan cara membina para remaja muslim untuk memahami dan mengamalkan ajaran – ajaran agamanya. Mengingat usaha tersebut merupakan tugas besar dan mulia, maka diperlukan koordinasi yang baik antar aktivis remaj maupun antar organisasi Remaja Mesjid / Musholla. Oleh karena itu sangat urgen (penting) dibentuknya sebuah wadah yang dapat menghimpun organisasi Remaja Mesjid / Musholla khususnya di Kecamatan Medan Marelan. IKRAAR berusaha menyamakan gerak  dan pandang antara oraganisasi remaja tersebut dalam mengoptimlakan pembinaan dikalangan Remaja Islam.

B.     Asas

Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) sebagai sebuah organisasi dakwah memiliki ideologi yang berasaskan Islam.

C.    Tujuan

Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) bertujuan membina  Remaja Mesjid / Musholla agar senantiasa menjadikan Mesjid / Musholla sebagai pusat aktivitas pembinaan aqidah, akhlaq, ukhuwah islamiah, intelektual dan keterampilan.

D.    Usaha

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) melaksanakan berbagai usaha, yaitu :
1.      Meningkatkan kulaitas Remaja Mesjid / Musholla yang beraqidah, berakhlaq, berintelektual dan berketrampilan melalui program – program pelatihan.
2.      Meningkatkan silaturrahmi dan komunikasi antar Remaja Mesjid / Musholla sehingga tercipta suasana ukhuwah.
3.      Meningkatkan pemahaman ajaran islam dan mampu mengaktualisasikan (mangamalkan) dalam kehidupan sehari – hari sehingga tercita masyarakat yang madani.
4.      Mewujudkan Remaja Mesjid yang kritis dan tanggap terhadap masalah – masalah social serta mampu mengatasinya dengan nilai – nilai islam yang dinamis dan rahmatan lil ‘alamin.

E.     Karakteristik

Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) Memiliki karakter :

1.      Moralitas
Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) berupaya menampilkan sisi moralitas yang bersumber pada ajaran islam sebagai dasar dari  program dan aktivitas yang digulirkan.

2.      Profesional
Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) berupaya menjalankan program dan kegiatan secara terencana, teratur dan didukung oleh kemampuan yang memadai.

3.      Independen
Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) adalah organisasi yang mandiri, tidak ada ketergantungan dengan organisasi lain dan tidak dapat diinterpensi pihak manapun.

4.      Koordinatif
Ikatan Remaja Muslim Al-Akbar (IKRAAR) menumbuhkembangkan keselarasan tugas dan wewenang kepengurusan serta harmonisnya pelaksanaan program.

F.     Visi

1.      Menjadi unsure perekat dan pengarah kesatuan umat khusunya Remaja Islam.
2.      Menjadi wadah pembinaan Remaja Mesjid / Musholla dibidang keislaman, keorganisasian, kepemimpinan, wawasan itelektual dan keterampilan.
3.      Menjadi pelopor aktivitas da’wah islamiah dikalangan remaja khusunya dan masyaryakat luas umumnya.

G.    Misi

  1. Secara aktif melakukan komunikasi, silaturahmi dan kerjasama antar Remaja Mesjid / Musholla atau dengan kalangan islam lainnya.
  2. Membangun kesadaran Remaja Islam untuk memahami dan mengamalkan ajaran islam seutuhnya.
  3. Mengoptimalkan kegiatan – kegiatan pengkaderan / pembinaan Remaja Mesjid / Musholla dengna berkerjasama dengan pihak – pihka yang berkompeten.
  4. Turut memberikan solusi dalam menyelesaikan berbagi persoaalan didalam tubuh organisasi Remaja Mesjid / Musholla yang dinaungi.

1 komentar:

  1. menjadi wadah untuk berfikir dan berbuat generasi muda islam untuk ummat

    BalasHapus